Search

Sunday, April 18, 2010

ambahan, ini beberapa tambahan yang cukup penting dalam navigasi dan beberapa pengembangan yang saya lakukan dalam mempelaja...

walaupun saya belum pernah tersesat, tapi saya yakin, pengembangan yang saya lakukan dapat sangat bermanfaat.

kamu melakukan rections dan atau intersections, tapi hanya ada satu bangunan pada peta, kamu bisa tetap melakukan nya dengan mengambil titik potong antara garis yang melalui bangunan tersebut dengan ketinggian dimana kamu berada pada saat itu (mencari ketinggian dan mencari sebuah titik sudah dibahas pada catatan sebelumnya).

kalau kamu melakukan receptions dan atau interceptions dan tidak ada petunjuk satu pun dalam peta, tidak ada bangunan satupun dan peta kontur yang kamu miliki hanya terdiri dari garis saja tanpa ada titik triangulasinya.
ini menggunakan metode trigonometri dan atau menggunakan metode penskalaan. (secara prinsip). cukup sulit untuk menjelaskannya, tapi kalau kamu tertarik bisa menghubungi saya langsung.

kalau kamu tidak membawa apa apa, tersesat dihutan, bahkan alat tulis pun tak ada.
1. tenang
2. jangan buru _ buru pergi dari tempat itu, pelajari alam sekitar merupakan hal yang bijak.
3. buat peta kontur sendiri, rekam semuanya didalam otak kamu. (baca dulu catatan _ catatan sebelumnya).
4. tinggalkan jejak, tinggalkan tanda kalau kamu mau pergi, tinggalkan tanda kalau kamu mau belok.
5. kalau kamu tersesat cukup lama dan akhirnya kamu hanya berputar_putar. lebih baik kamu mencari/membuat tempat istirahat yang hangat dan aman. menyiapkan makan untuk beberapa jam kedepan. mencari air atau menampung air. mengeringkan kayu. membuat api untuk nanti malam. kalau sudah 2 / 3hari kamu tersesat dan hasilnya masih terus berputar_putar ada baiknya kamu membuat apa yang saya tulis diatas sebagai persediaan seminggu kedepan. kalau dalam satu minggu hasilnya nihil juga, pertolongan tak ada bahkan kamu masih terus saja berputar_putar. sebaiknya kamu mulai berfikir untuk tinggal disitu.
karena navigasi merupakan bagian dari survival (bertahan hidup).
jangan mengeluh, tetap bekerja keras, jangan putus asa, hargai kehidupan mu sendiri.

semoga bermanpaat.

Writer : Wilandika

No comments:

Post a Comment