Search

Sunday, April 18, 2010

navigasi ke empat, navigasi dengan menggunakan peralatan buatan

tinggal 2 bagian lagi untuk mempelajari dasar dasar navigasi. bagian kedua terakhir peralatan yang didakai pada navigasi buatan beserta pengertian dan fungsinya. terakhir yaitu sudut resections dan intersections beserta triangulasi, ada tambahan yaitu pelajaran dasar membuat peta kontur dan tambahan _ tambahan lain yang saya pikir itu perlu.

materi terakhir membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membuatnya, sedangkan yang kedua terakhir akan saya bahas dalam catatan ini.

alat_alat yang dipakai dalam navigasi buatan:
kompas bidik:suatu kompas yang dipakai untuk mengetahui, berapa derajatkah, benda yang sedang kita bidik, terhadap arah utara magnetis.
kompas orientasi:untuk mengetahui, berapa derajatkah, sudut/titik/gambar di peta terhadap arah utara magnetis dan arah utara peta atau arah utara sebenarnya.
perlu diketahui bahwa antar arah utara magnetis dengan arah utara peta atau arah utara sebenarnya itu berbeda, arah utara megnetis saat ini berada di daerah kepulauan seribia (kalau ga salah) dan nanti akan berubah, sesuai dengan kandungan biji besi yang terdapat pada perut bumi, artinya ada beberapa derajat antara arah utara sebenarnya dengan arah utara megnetis, tapi itu kecil dan bisa diabaikan.
peta kontur:peta yang menggambaran beda tinggi permukaan tanah.
pensil.
penggaris.
penghapus.
udah.
dadah.
waktunya untuk tidur.
nanti materi yang terakhir dan terpenting dibahas belakangan, kalo moodnya keluar.

Writer : Wilandika

No comments:

Post a Comment