Search

Sunday, April 18, 2010

navigasi bagian ke lima, pembahasan tentang; mendalam atau mempelajari sifat_sifat dari peta kontur

peta kontur adalah peta yang menggambarkan bentuk permukaan tanah serta tinggi permukaan tanah tersebut, dihitung dari garis nol yang berada pada permukaan laut.
peta kontur terdiri dari garis_garis.
kenapa nol nya permukaan laut?karena permukaan laut dinilai sama disemua tempat di bumi, sesuai dengan sifat_sifat air.
sifat peta kontur:
1.setiap garis dari peta kontur mempunyai ketinggian yang berbeda dengan garis lainnya.
2.berapa perbedaan antar garisnya? tergantung dari interval atau jarang yang dipakai dalam peta kontur tersebut, ada yang interval 10meter, ada yang 100 meter, ada yang 1meter.
3.peta kontur menggambarkan bentuk permukaan tanah. misal: dalam satu garis di peta kontur akan berbentuk bulat jika permukaan tanahnya bulat. akan berbentuk garis lurus jika itu tebing. akan berbentuk V dengan menjorok kelaut jika itu teluk. akan berbentuk V terbalik dengan menjorok ke kelaut jika itu semenanjung. dan lain lain.
4.peta kontur sama seperti peta lainnya, mempunyai garis lintang dan garis bujur. lintang utara, lintang selatan, bujur barat, bujur timur.
5.garis lintang dan garis bujur digunakan untuk menunjukkan suatu titik pada peta untuk menjadi orientasi pada sumbu X dan Y pada sistem koordinat.(horisontal)
5.sedangkan konturnya tersubut, untuk menjadi orientasi sumbu Z secara vertikal.
6.satuan lintang dan bujur yaitu derajat menit detik, sedangkan satuan kontur yaitu meter.
7.peta kontur mempunyai titik triangulasi (berupa angka), yaitu titik yang menggambarkan ketinggian suatu tanah terhadap permukaan laut.
8. titik triangulasi akan dibahas dalam catatan selanjutnya.

Writer : Wilandika

No comments:

Post a Comment