Search

Sunday, April 18, 2010

navigasi bag 3, masih dalam satu konteks dimana navigasi merupakan sebuah cara untuk menemukan sebuah orientasi

saya mulai dengan sebuah pertanyaan,
bagaimana kalau kamu tersesat dihutan sendirian?
malam hari yang sunyi, ada makam para wali dipinggir tempat kamu berdiri, digunung, ditengah padang rumput yang sangat rapat dan malam itu cuaca medung.

makam dapat membantu kamu, karena itu dapat menjadi sebuah alat navigasi.
makam islam akan menghadap kesebelah selatan dengan muka di utara, jika kamu berhadapan dengan nisannya, sebelah kanan kamu timur, kiri kamu barat.
rumput sangat mudah tertiup angin, jadi kamu bisa munggunakan rumput yang bergoyang atau batang pohon yang miring sebagai orientasi, angin pada malam hari bergerak dari darat kelaut, pada siang hari dari laut ke darat. dari daratan ke gunung pada siang hari, dari gunung kedaratan pada malam hari. dari timur ke barat pada pagi hari, dari barat ke timur pada siang hari. tapi saya tidak merekomendasikan dengan menggunakan cara angin.

kalau langit cerah pada malam hari, kamu bisa menggunakan bulan sabit, bulan bercahaya karena pantulan sinar matahari, arah dimana bulan sabit itu mengarah, artinya itu arah datang atau pergi nya matahari, artinya itu arah barat atau timur, artinya arah timur untuk tanggal muda dan arah barat untuk tanggal tua (penanggalan islam).

menggunakan matahari dengan bantuan tongkat,tongkat yang di tegakkan akan membentuk bayangan,kita warga indonesia beruntung berada dalam garis katulistiwa,artinya bayangan yang jatuh dari tongkat akan menunjukkan lawan arah dari matahari,artinya barat dari pagi sampai siang,timur dari siang sampai sore.

begitu pula lumut,setau saya,lumut tinggal didaerah lembam dengan tidak terkena langsung cahaya matahari.

aliran sungai atau mata air yang mengarah ke pedesaan atau perkotaan.

jejak binatang yang mengarah dari sarang ke sumber air.

lembah yang dalam akan mengarah ke pedesaan atau perkotaan.

mesjid kecil ditengah hutan yang mengarah kebarat.

titik triangulasi, berada di puncak gunung.

dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan acuan untuk mencari orientasi.

Writer : Wilandika

No comments:

Post a Comment